Jumat, 01 Juni 2012

Liputan Study Tour HMJ Pendidikan Biologi Tahun 2012

Wisata Edukasional dan Rekresional


Sebagai calon guru yang profesional, pengalaman belajar tentu tidak hanya didapatkan di bangku kuliah. Perlunya meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan di bangku kuliah. Perlunya meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan di perguruan tinggi pada umumnya dan di Jurusan Pendidikan Biologi pada khususnya, menuntut adanya suatu terobosan yang dapat memberikan pengalaman belajar yang real pada mahasiswa.
Maka dari itu, pengamatan langsung yang menyangkut bidang akademis maupun non-akademis, merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan. Mengingat kewajiban setiap mahasiswa terutama jurusan Pendidikan Biologi adalah untuk melaksanakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Dharma Penelitian. Sehingga, perlu diadakan suatu kegiatan ilmiah melalui study tour.
Selain memberi pengalaman yang lebih luas dalam dunis nyata terkait dengan objek study biologi, juga dapat dijadikan sebagi wahana latihan bagi mahasiswa jika kelak menjadi seorang guru sehingga dapat menyelenggarakan dan memandu siswa dalam kegiatan Study Tour. Study Tour HMJ Pendidikan Biologi 2012 dilaksanakan selama 7 hari mulai tanggal 22 -29 April 2012 dengan rute Singaraja, Jakarta, Bogor, Bandung, Jogyakarta, dan kembali ke Singaraja. Jumlah keseluruhan peserta Study Tour HMJ Pendidikan Biologi 2012 adalah 121 orang yang terdiri dari 52 orang dari semester IV dan 62 orang dari semester  VI serta 7 orang staf dosen yang akan mendampingi mahasiswa dalam mengamati objek-objek study yang dikunjungi.
Sebelum rombongan berangkat, panitia melakukan briefing kepada semua peserta. Briefing rutin dilakukan agar rombongan mengetahui kegiatan lebih lanjut. Setelah panitia melakukan briefing, rombongan berangkat ke tujuan pertama yakni Jakarta. Sebelum meninggalkan Bali, semua peserta study tour, panitia, serta dosen memohon keselamatan di Pura Pulaki.
Setelah berada di pelabuhan Gilimanuk, rombongan melakukan penyebrangan dari Bali ke Pulau Jawa. Penyebrangan berjalan lancar karena didukung oleh cuaca yang baik dan doa dari keluarga. Berkat cuaca yang baik, rombongan dapat menikmati pemandangan sekitarnya seperti indahnya laut, indahnya pulau bali, dan berfoto-foto bersama.
Hari pertama terbilang merupakan hari yang melelahkan lantaran seluruh rombongan harus menghabiskan waktu di dalam bus untuk menempuh perjalana menuju Jakarta. Hal yang beda dan jarang ditemui di kampus akibat sibuk dengan tugas-tugas kuliah adalah adanya kebersamaan antara seluruh peserta study tour yang membuat perjalanan study tour semakin lengkap dan berkesan.
Setelah Perjalanan yang panjang dan cukup melelahkan, pada hari kedua rombongan akhirnya dapat menginjakkan kaki di Jakarta. Selama tiga hari berada di Jakarta, banyak objek wisata dan objek study yang dikunjungi oleh para rombongan. 
Hari kedua dimulai dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang lebih difokuskan pada taman burung, untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai dunia aves. Selanjunya rombongan menonton kehidupan orangutan di Keong Mas .Tidak lupa pula para rombongan mengunjungi pura gunung salak untuk sembahyang bersama sebelum check in di Hotel Plaza Mangga Dua Jakarta.


Hari ketiga para rombongan mengunjungi Kebun Binatang Ragunan, Monas dan Planetarium. Wawasan mahasiswa pun semakin bertambah dengan mengenal lebih dekat dunia binatang di Kebun Raya Ragunan.
Tidak kalah menarik dengan di Kebun Raya Ragunan, di Monas para rombongan diajak mendengarkan rekaman suara asli Presiden Soekarno saat Proklmasi Kemerdekaan Indonesia. Rekaman yang hanya berdurasi beberapa menit tersebut, sanggup membawa para rombongan seakan-akan ikut hadir pada hari yang paling bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Pergi ke Jakarta tentu tidak lengkap tanpa mengunjungi Planetarium, disana pengetahauan rombongan pun semakin lengkap dengan menyaksikan tiruan langit malam Jakarta lengkap dengan benda-benda angkasa. Selain mengunjungi objek study, para rombongan juga menyempatkan diri shooping di ITC.
 Tidak kalah menarik dengan hari ketiga, pada hari keempat para rombongan melanjutkan kunjungan menuju Taman Impian Jaya Ancol. Disana para rombongan mengunjungi Sea World, Gelanggang Samudera serta menyaksikan atraksi unik dari singa laut, lumba-lumba dan masih banyak lagi. Pengetahuan dan wawasan para rombongan pun semakin bertambah dengan adanya pemaparan informasi dari pengelola Ancol. 

Siang harinya perjalan dilanjutkan ke Dufan, sebuah arena bermain yang menawarkan banyak wahana bermain yang siap menantang adrenalin. Adapun wahana bermain yang paling dicari oleh sebagian besar rombongan adalah Hizteria dan Halilintar, sehingga meski harus antre berjam-jam tidak mampu menghentikan langkah mereka yang ingin merasakan sensasi Hizteria dan Halilintar yang terkenal paling menantang. Hingga dosen pun juga ingin mencobanya.




Hari kelima para rombongan check out hotel dan melanjutkan perjalanan menuju Bogor untuk mengunjungi objek study Kebun Raya Bogor, dan Museum Zoologi. Di kebun Raya Bogor rombongan disambut hangat oleh pengelola Kebun Raya Bogor, dan untuk memudahkan transfer informasi maka rombongan dibagi menjadi 2 kelompok. Masing-masing kelompok ditemani oleh satu orang pemandu dari Kebun Raya Bogor yang membuat perjalanan mengelilingi Kebun Raya Bogor semakin bermakna dan seru. Para rombongan semakin antusia dengan banyaknya hal menarik yang dapat dijumpai di Kebun Raya Bogor diantaranya teratai raksasa, anggrek raksasa, bunga bangkai, kayu raja, jalan kenari, pohon tarzan, monument peringatan isteri Raffles, pohon leci, taman meksiko, taman tysmann, jalan astrid, pohon jodoh dan masih banyak lainnya.




Tidak kalah menarik dengan di Kebun Raya Bogor, DI Museum Zoologi para rombongan dapat melihat berbagai macam koleksi binatang yang telah diawetkan. Salah satu hal menarik yang dapat dilihat para rombongan adalah awetan macam tutul yang telah punah, serta rangka paus biru yang besar dan panjang. Sore harinya para rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bandung, dan malam harinya  check in di Hotel Trio Bandung.





Hari keenam, selesai sarapan pagi para rombongan check out hotel dan melajutkan perjalanan menuju Pasar Baru, Tangkuban Perahu, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Di Tngkuban Perahu, para rombongan dapat menyaksikan panorama kawah Tangkuban Perahu yang begitu menakjubkan, meski sempat diguyur hujan. 
 
Pada kesempatan yang bagus tersebut para rombongan dari Jurusan Pendidikan Biologi juga menyempatkan melakukan study banding ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), untuk saling bertukar informasi dimana UPI merupakan universitas yang memiliki fungsi sama untuk menciptakan tenaga pendidik yang professional. Disana para rombongan juga sempat melihat laoratorium Jururan Pendidikan Biologi, serta mengunjungi kebun biologi UPI.









Untuk membuat study tour semakin menarik, para rombongan juga mencoba merasakan shooping di Cihampela dan Cibaduyut. Berbagai makanan dan jenis pakaian dengan harga cukup murah ditawarkan di tempat wisata belanja Cihampelas dan Cibaduyut ini. Tidak salah jika Bandung diberi sebutan Paris van Java  (Kota Mode di Indonesia) yang menawarkan berbagai mode pakaian dengan harga yang bervariasi mulai dari yang murah hingga termahal.
Hari terakhir study tour, para rombongan melanjutkan perjalanan menuju Jogyakarta untuk mengunjungi Candi Prambanan, Kraton Jogyakarta, Candi Borobodur dan Shooping Malioboro. Namun karena hari yang telah sore, kunjungan ke Candi Borobudur terpaksa dibatalkan, dan para rombongan pun melanjutkan perjalanan pulang menuju Singaraja.

 Hal yang paling mengesankan dalam Study Tour Hmj Pendidikan Biologi 2012 adalah adanya rasa kebersamaan dan persaudaarn yang semakin terjalin selama seminggu menghabiskan hari bersama di perjalanan, yang tentunya memberi kesan tersendiri bagi seluruh peserta study tour.

1 komentar:

Mery Wintari mengatakan...

Good Job Adi Purusha Das! You've DONE it perfectly :) SEMANGAT untuk berita BIOMA selanjutnya!