Selasa, 29 Mei 2012

Profil Ketua Panitia Study Tour Pendidikan Biologi Tahun 2012





Nama Lengkap                           : I Gusti Putu Rai Priawiguna
Nim                                          : 0913041010
Tempat dan tanggal lahir            : Mendoyo Dauh Tukad, 26 Desember 1990
Alamat Web                              : http://www.biohealtheducation.blogspot.com
Minat ilmu                                 : Reproduksi Seksual Manusia (WTF ?!!)
Jabatan yang pernah diraih        :

  1.         Koordinator Lab. Mikrobiologi SBB Tahun 2010
  2.          Anggota Sie Acara Lomba Tari Condong UKM Kesda Tahun 2010
  3.          Koordinator Sub Sie Bidang Seni Tabuh HMJ P.Biologi Tahun 2011
  4.          Koordinator Sie Perlengkapan PDK P.Biologi Tahun 2011
  5.          Koordinator Sie Lomba Bioma Open P.Biologi Tahun 2011
  6.          Koordinator Sie Disiplin Ratam P.Biologi Tahun 2011
  7.         Anggota Sie Dokumentasi Ratam SMF Mipa Tahun 2011
  8.          Korti Semester VB P.Biologi Tahun 2011
  9.           Sekretaris Sie Lomba dan Tabulasi SBB P.Biologi Tahun 2011
  10.         Ketua Panitia Study Tour P. Biologi Tahun 2012

Sebelum saya menuliskan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan study tour ini, dimana saya sendiri yang kebetulan dipercaya menjadi ketua panitia penyelenggara kegiatan ini, ijinkan saya terlebih dahulu menulis sekilas tentang HMJ P. Biologi.
HMJ P. Biologi merupakan suatu bentuk wadah ajang pemersatu mahasiswa/i Jurusan Pendidikan Biologi yang didalamnya terdapat suatu organisasi serta berisikan kumpulan mahasiswa/i yang memiliki nalar dan rasa empati tinggi kepada HMJ P. Biologi. Berbagai bentuk kegiatan kemahasiswaan yang sifatnya rutin dilaksanakan oleh HMJ P. Biologi seperti Tirta Yatra, PDK, Bioma Open, Ratam, serta Study Tour telah sukses dan lancar dilaksanakan setiap tahunnya. Khususnya Study Tour, kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang pelaksanaannya telah dirancang sedemikian rupa sehingga berlangsung setiap 3 tahun sekali. Dimana Study tour merupakan salah satu kegiatan dari HMJ P. Biologi yang sarat akan makna positif dan rasa kekeluargaan.
Study Tour merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Perguruan Tinggi pada umumnya dan di Jurusan Pendidikan Biologi pada khususnya, dimana dapat dilakukan pengamatan langsung yang menyangkut bidang akademis maupun ekstrakurikuler sebagai penunjang perkuliahan yang diambil di Jurusan P. Biologi, sehingga menjadi kewajiban bagi setiap mahasiswa terutama jurusan Pendidikan Biologi untuk melaksanakan salah satu bagian dari Tri  Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Dharma Penelitian. Oleh karena itu, perlu diadakan suatu kegiatan ilmiah melalui Study Tour ini.
Study Tour ini dulunya merupakan kegiatan tiga tahunan yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi, mengingat makin bertambahnya jumlah mahasiswa di Jurusan Pendidikan Biologi, maka rencananya kegiatan Study Tour ini akan dilaksanakan setiap  dua tahun sekali. Pada tahun ini kegiatan ini mengambil tema “Study Tour HMJ Pendidikan Biologi Tahun 2012 Wisata Edukasional dan Rekreasional”
Selama menyelenggarakan sekaligus mengikuti kegiatan study tour ini, banyak sekali hal yang saya alami baik itu dari sisi positif maupun negatif, karena sesempurnanya suatu kegitan tidak akan pernah lepas dari 2 hal tersebut. Baiklah, kilas dari kegiatan tersebut akan saya bagi menjadi 2 bagian, yaitu kesan dan pesan.
1. Kesan
    Sebenarnya semua kesan mengenai kegiatan study tour ini telah saya tuliskan pada buku catatan harian study tour yang mungkin nanti akan saya terbitkan pada blog pribadi saya.
    Kegiatan ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah kami rencanakan sebelumnnya. Rekan-rekan panitia, rekan-rekan mahasiswa telah kondusif serta prospektif dalam mengikuti kegiatan ini. Hal yang paling berkesan sebernya ketika saya melihat senyum bahagia dari rekan-rekan mahasiswa terutama yang masih sangat semangat mengikuti kegiatan ini walaupun sudah menempuh perjalan darat yang begitu lama hingga sampai ditempat tujuan. Rasa kekeluargaan, rasa sayang kepada teman, keakraban antara dosen dan mahasiswa sangat terasa selama kegiatan ini berlangsung terutama saat melakukan perbincangan di hotel maupun pada saat berkunjung pada objek-objek study. Seperti pada saat kami mendengar kisah percintaan Pak Anton dengan Prof. Kadek, yang berakhir dengan skor 9 vs 0 untuk kemenangan Prof. Kadek. Hal menarik saya rasakan ketika kami mengadakan rapat evaluasi kegiatan yaitu di hotel Plaza Jakarta, waktu itu pelakunya adalah Pak Artawan, Prof. Kadek, Adi Mahardika, Ari Anggara, Dwipamaha, Satria Putra, Catur, Adit, Suta dan saya sendiri Rai. Pada waktu itu kami saling sharing mengenai kehidupan remaja, seksualitas dan bagaimana seharusnya menjadi seorang lelaki. Banyak sekali pengalaman dari para dosen yang kami dapatkan, baik itu positif maupun negatifnya, namun disini saya tidak akan ceritakan detail kisahnya seperti apa, mungkin bagi teman-teman yang penasaran setelah membaca tulisan ini bisa menanyakannya kepada pelaku-pelaku diatas.
2. Pesan
    Ada beberapa pesan yang ingin saya sampaikan terutama bagi kepanitiaan study tour di tahun berikutnya :
a)    laksakanlah kegiatan secara sungguh-sungguh dan penuh percaya diri
b)   jika ada permasalahan segera bicarakan dengan rekan sekerja dan para staf dosen
c)    rencakan kegiatan dengan tepat dan mantap
d)   setiap permasalahan pasti ada solusinya.
Pada pelaksanaan kegiatan study tour tahun ini, permasalahan antar rekan-rekan HMJ P. Biologi sangat saya rasakan ketika pembagian bus, pembatalan penyelesaian jaket HMJ P. Bilogi, dan segala masalah lainnya, banyak rekan-rekan yang kecewa, namun banyak juga yang setuju. Namun dibalik semua itu jauh pengaharapan saya adalah jangan dulu teman-teman berfikir negatif terhadap segala keputusan yang ada, pikirkan lah dulu sisi positifnya seperti apa.
Itu saja yang ingin saya tuliskan, untuk adik tingkat semoga lebih semangat lagi di dalam melaksanakan seluruh kegiatan yang HMJ laksanakan, jangan setengah-setengah, jaga nama baik HMJ kita dilingkungan SMF MIPA dan Lembaga. Karena di tangan kalian lah masa depan HMJ P. Biologi ini berada.
Setiap kinerja yang didasarkan atas ketulusan hati serta penuh keikhlasan dalam diri, pasti akan menuai suatu hasil yang optimal serta maksimal walupun didalam pencapaian hal tersebut akan banyak rintangan yang menghinggapi (Rai Priawiguna, 2012)”

2 komentar:

Mery Wintari mengatakan...

aett.... macho ajan ketua panitia e :p

Unknown mengatakan...

sesuatuuuuh :D
singgah ke blog gw yak :D